PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM DI DESA TOMPASOBARU II KECAMATAN TOMPASOBARU

Authors

  • Marsela Sangari Universitas Negeri Manado
  • Allen Ch. Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Niny Makaliwe UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9064

Keywords:

Literacy Keuangan, , Inovasi Produk, Kinerja UMKM

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Literasi Keuangan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM di Desa Tompasobaru II Kecamatan Tompaso.
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah bagian tepenting dalam perekonomiian Indonesia yang dapat memacu laju pertumbuhan ekonomi. Keberadaan UMKM tidak dapat dihapuskan ataupun dihindarkan dari masyarakat bangsa saat ini karena keberadaannya sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat.
Literasi keuangan merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih terampil dalam mengelola sumber pendapatan serta mengelola keuangan pribadinya. Adanya literasi keuangan yang baik akan turut mendorong tingkat kesejahteraan seseorang dikarenakan akan membuat seseorang akan menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangannya.
Kinerja adalah output kerja yang diperoleh perorangan yang menyesuaikan posisi dan kewajiban perorangan tersebut di perusahaan dalam rentang waktu ertentu yang ada kaitannya dengan value atau patokan yang disepakati (Aribawa, 2016). Kinerja UMKM menurut Marija (2021) adalah output pengusaha UMKM yang start-nya dari pembukaan usaha hingga diraihnya target yang telah ditetapkan mengacu pada standar penilaian perusahaan yang diputuskan sebelumnya.
Di Desa Tompasobaru II Kec. Tompasobaru terdapat 60 pelaku UMKM yang terdiri dari Toko harian, warung makan, percetakan, tukang jahit, dan salon. Terdapat sekitar 50% pelaku UMKM yang masih rendah pengetahuan mengenai literasi keuangan yang dimiliki usaha mikro meskipun mereka menganggap bahwa literasi keuangan itu penting untuk keberlanjutan usaha yang mereka jalani.
Di Desa Tompasobaru II Kec. Tompasobaru belum adanya inovasi yang signifikan terkait dengan penyediaan tempat pusat pemasaran produk UMKM (sejenis pusat pasar oleh- oleh) dan kemampuan terkait branding produk. Selama ini kemampuan branding relatif terabaikan, karena ada kecenderungan pelaku UMKM lebih fokus dalam kegiatan produksi (Balitbang, 2022). Perlunya peningkatan dan inovasi yang berkelanjutan sebagai sumber utama keunggulan kompetitif bagi usaha yang dijalankan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian asosiatif kausal adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini akan menjelaskan hubungan mempengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang akan diteliti. Penelitian ini menghubungkan pengaruh literasi keuangan dan inovasi produk terhadap kinerja UMKM
Kata Kunci: Literacy Keuangan, Inovasi Produk, Kinerja UMKM

References

DAFTAR PUSTAKA

Aribawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan UMKM Di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis (JSB). Vol 20, No. 1.

Bpkm. (2021). Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia. BPKM Go.Id. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya- pemerintah-untuk-memajukanumkm-indonesia.id

Elisa Karunia Ranteallo, Jerry R. H. Wuisang & Devyano V. F. Ranti. (2023). ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN TONDANO BARAT KABUPATEN MINAHASA.

Fauzan,R.(2021). Kontribusi PDB UMKM Tahun Ini Diprediksi Turun Hingga 4 Persen.Bisnis.Com.https://ekonomi.bisnis.com/read/20210122/12/1346285 /kontribusi-pdbumkm-tahun-ini-diprediksi-turun-hingga-4-persen.

Ghozali, (2011) “Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS”. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indra Yanti Sari (2016) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi. Produk Terhadap Kinerja UKM Kota Surabaya

Kotler Dan Keller, (2009) Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas). Jilid 2 . Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama. Lupiyoadi, Rambat.

Mawarta Nania Marisina , Allen Ch. Manongko & Listriyanti Palangda. (2023). ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS (BOS) BERBASIS LITERASI KEUANGAN DI SMA NEGERI 1 TOMOHON.

Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). dan kinerja keuangan : Studi pada masa pandemi Covid-19. STIE Perbanas Press 2021, 11, 73–92.

Sanistasya, P. A., Raharjo, K., & Iqbal, M. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Inclusion on Small Enterprises Performance in East Kalimantan. Jurnal Economia, 15(1), 48–59. https://doi.org/10.21831/economia.v15i1.23192.

Sinaga, F. I., Tanjung, A. R., & Odiatma, F. (2020). Determinan Kepatuhan Pajak UMKM: Lingkungan Sebagai Variabel Moderasi. Current: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 1(3), 400–421.

Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Victoria, A. O. (2020). 30 Juta UMKM Bangkrut, Stimulus dari Pemerintah DinilaiTerlambat. Katadata.Co.Id.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Sangari, M., Manongko, A. C., & Makaliwe, N. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM DI DESA TOMPASOBARU II KECAMATAN TOMPASOBARU. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 75-85. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9064

Issue

Section

Articles