Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
Keywords:
Metode, Nilai Pancasila, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan akhir dari penelitian ini adalah ditemukan metode-metode yang digunakan Guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian kualitatif dengan menjadikan para guru Taman Kanak-Kanak sebagai imforman yang ditentukan dengan teknik purposive dan Snow ball sampling. Data dijaring dengan menempatkan peneliti sebagai “alat” utama” didukung dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terjaring dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman guru Taman Kanak tengtang jenis-jenis metode pembelajaran pada anak usia cukup baik. Metode penanaman nilai-nilai Pancasila yang digunakan pada beberapa Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meliputi: metode Bermain, bercerita, bernyanyi, bercakap-cakap, demonstrasi, bermain peran, metode pembiasaan, dan karyawisata. Bedasarkan hasil penelitian disarankan: 1) guru selalu menanamkan nilai-nilai pancasila pada anak usia dini pada setiap proses pembelajaran dengan mengembangkan model dan metode-metode pembelajaran., 2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menanamkan nilai-nilai pancasila melalui diklat tentang cara-cara menanamkan nilai-nilai pancasila pada anak usia dini. 3) Bagi Pemerintah dan instansi terkait seyogyanya memperlihatkan berbagai kebutuhan dan kekurangan baik sarana maupun prasarana penunjang guna peningkatan mutu proses pembelajaran taman kanak-kanak.