Meningkatkan Daya Imajinasi Anak Untuk Mempercepat Pengenalan Warna Dasar Pada Permainan Sains Melalui Permen Warna Di PAUD Bersehati Manado

Authors

  • Mozes Wullur Universitas Negeri Manado
  • Mario Erick Wantah Universitas Negeri Manado
  • Joice Jeane Singkoh Universitas Negeri Manado

Keywords:

Daya Imajinasi, Pengenalan Warna Dasar

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di PAUD Bersehati Manado, ditemukan bahwa kemampuan daya imajinasi anak dalam pengenalan warna dasar masih kurang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penerapan model pembelajaran guru yang kurang memperhatikan kemampuan mengenal warna dasar pada permainan sains melalui permen warna. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan daya imajinasi anak untuk mempercepat pengenalan warna dasar pada permainan sains melalui permen warna di PAUD Bersehati Manado. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian adalah Siklus I terdapat 3 anak dari 7 yang dinyatakan berhasil karena mereka telah menunjukkan perkembangan kemampuan mengenal warna dasar pada permainan sains melalui permen warna, dengan demikian hasil belajar anak pada siklus I hanya mencapai 43% dengan target 80%, sehingga penelitian tindakan kelas dinyatakan perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada Siklus II ini, terdapat 7 anak dari 7 anak yang di kelompokkan berhasil karena telah menunjukkan kemampuan bekerja sama dengan baik, dengan hasil sekitar 100% dengan target 80% yang berhasil, sehingga penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil dan tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Wullur, M., Wantah, M. E., & Singkoh, J. J. (2021). Meningkatkan Daya Imajinasi Anak Untuk Mempercepat Pengenalan Warna Dasar Pada Permainan Sains Melalui Permen Warna Di PAUD Bersehati Manado. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 16-19. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2191

Issue

Section

Articles