Menigkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Kegiatan Belajar Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Kelompok B TK Gmim Eben Haezer Kakaskasen Tiga
Keywords:
Kognitif, Bentuk Geometri, Bermain DakonAbstract
Kemampuan kognitif anak usia dini harus terus ditingkatkan untuk mengimbangi kemampuan berfikir anak. Dengan kegiatan belajar mengenal bentuk geometri melalui permaian dakon Di Gmim TK GMIM Eben Haezer Kakaskasen Tiga Tomohon. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Evaluasi. Subyek penelitian adalah anak didik Di TK Gmim Eben Haezer Kakaskasen Tiga Lingkungan II Kecamatan Tomohon Utara tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 7 anak didik yang terdiri dari 3 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Hasil penelitian Tindakan Kelas pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar hanya terdapat 42,85% dari target yang di tetapkan yakni 100%. Masih ada anak yang belum memenuhi syarat penilaian dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon dan setelah dilanjutkan pada siklus II ketuntasan belajar anak mencapai 100% dan sudah memenuhi standar ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon dapat meningkatkan kemampuan kognitif berfikir anak dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon, serta meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam menyebutkan bentuk-bentuk geoemtri melalui permainan dakon,