Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun Dalam Memanfaatkan Bahan Bekas Melalui Metode Demonstrasi Di TK Katolik Santa Theresia Tomohon
Keywords:
Metode Demonstrasi, Kreativitas, Bahan BekasAbstract
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu berdasarkan latar belakang, maka peneliti ini dapat merumuskan Bagaimana cara meningkatkan kreativitas anak usia 4-6 tahun dalam memanfaatkan bahan bekas melalui metode demonstrasi pada anak Kelompok B di TK Katolik Santa Theresia Tomohon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kreativitas anak usia 4-6 tahun dalam memanfaatkan bahan bekas melalui metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di TK Katolik Santa Theresia Tomohon, berjumlah 9 anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan II siklus. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I dinyatakan belum berhasil dengan nilai rata-rata hasil belajar anak sekitar 66,6% dari target 100%. Sedangkan hasil penelitian tindakan kelas siklus II dinyatakan berhasil dengan rata-rata hasil belajar anak mencapai target 100%. Penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan memanfaatkan bahan bekas sedotan plastik dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak di TK Katolik Santa Theresia Tomohon. Kesimpulan penelitian ini adalah metode demonstrasi dengan kegiatan memanfaatkan bahan bekas sedotan plastik mampu meningkatkan kemampuan kreativitas.