Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Gmim Syaloom Kumelembuai
Keywords:
Kemampuan Bahasa, Metode Bercerita, Media Audio VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan anak, karena bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, agar metode bercerita tidak membosankan maka seiring dengan perkembangan teknologi metode bercerita dituangkan dengan bantuan media audio visual, sehinggah pembelajaran dengan metode bercerita pada anak usia dini tidak membosankan. Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Siklus Kemmis dan Tanggart. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK GMIM Syaloom Kumelembuai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah dengan pengelompokan data, memaparkan data dan membuat deskripsi data dalam bentuk narasi dan table yang kemudian disimpukan dalam bentuk pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik di TK GMIM Syaloom Kumelembuai lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya, di mana perkembangan bahasa anak hanya mencapai 50%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita dengan media audio visual, pada siklus l mengalami peningkatan mencapai 60%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus ll mengalami peningkatan mencapai 100%, sehinggah hasil penelitian telah mencapai standard kriteria tindakan. Maka dari itu penelitian ini dihentikan pada siklus ll karena telah memenuhi kriteria keberhasilan.