Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Karakteristik Kepercayaan Diri Anak Di TK Katolik St. Tarsisius Tomohon
Keywords:
Karakteristik, Kepercayaan Diri Anak, Bermain PeranAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan di TK Katolik St. Tarsisius Tomohon, peneliti menganalisa apakah dengan model pembelajaran bermain peran dapat berpengaruh terhadap karakteristik kepercayaan diri anak. Penelitian ini menggunakan penetilian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan dalam bentuk yang utama yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak-anak di Tk Katolik St. Tarsisius Tomohon yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran bermain peran menunjukan bahwa model pembelajaran bermain peran sangat berpengaruh terhadap karakteristik kepercayaan diri anak yaitu ditandai dengan anak dapat bersosialisasi, menjadi anak yang lebih berani untuk berkomunikasi dengan teman maupun orang tuanya, mengemukakan pendapat, bertanggung jawab untuk tugas yang diberikan saat bermain peran maupun tugas lainnya, yakin dengan kemampuan diri sendiri.