Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Gelas Warna Pelangi Pada Anak Di TK Katolik St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen

Authors

  • Jurny Kumaat Universitas Negeri Manado
  • Katrince Majuntu Universitas Negeri Manado
  • Meiske Tumbel Universitas Negeri Manado

Keywords:

Sains, eksperimen, gelas pelangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Meningkatkan kemampuan sains melalui eksperimen gelas warna pelangi pada anak dalam membantu pemahaman berat jenis. Metode yang di gunakan adalah metode eksperimen ini peserta didik diberi kesempatan untuk mengalami sendiri. untuk itu penulis melalukan penelitian dengan menggunakan kegiatan pengenalan kegiatan sains melalui eksperimen gelas warna pelangi untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal sains. dengan eksperimen gelas warna pelangi dapat membantu untuk dapat mengenal lebih awal tentang sains. Pada penelitian siklus I hasilnya belum mencapai ketuntasan belajar hanya terdapat 33,3% dari target yang di tetepkan yakni 100%. Masih ada anak yang belum memenuhi kriteria penilaian dalam mengenal sains melalui eksperimen gelas warna pelangi dan setelah dilanjutkan pada siklus II ketuntasan belajar anak mencapai 100% dan sudah memenuhi standar ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan eksperimen gelas warna pelangi dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Anak dilatih untuk pemahami berat jenis dengan lebih mudah di pahami oleh anak dan juga meningkatkan rasa ingin tahu anak di TK Katolik St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Kumaat, J., Majuntu, K., & Tumbel, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Gelas Warna Pelangi Pada Anak Di TK Katolik St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 43-47. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2253

Issue

Section

Articles