Penggunaan Permainan Papan Gembira Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf a-z Pada Anak di PAUD Ceria Mahakeret Barat

Authors

  • Mieke Farny Tiwow Universitas Negeri Manado
  • Mario Erick Wantah Universitas Negeri Manado
  • Siuli Korompis Universitas Negeri Manado

Keywords:

permainan papan gembira, kemampuan mengenal huruf

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan khususnya pada anak di PAUD Ceria Mahakeret Barat belum menggunakan permainan papan gembira dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran penggunaan permainan papan gembira dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf a-z bagi anak di PAUD  "Ceria" Mahakeret Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian pada siklus I ini, terdapat 4 anak dari 7 anak yang dinyatakan berhasil karena mereka telah menunjukkan perkembangan kemampuan baik dalam hal menggunakan permainan papan gembira untuk mengenal huruf a-z. Dengan demikian hasil capaian belajar anak siklus I hanya sekitar 57,15% dari target 80%, sehingga penelitian tindakan kelas ini perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II ini, terdapat 7 anak dari 7 anak yang dinyatakan berhasil, karena telah menunjukkan perkembangan kemampuan baik dalam hal menggunakan permainan papan gembira untuk mengenal huruf a-z. Dengan demikian capaian belajar anak adalah sekitar 100% dari target 80% yang berhasil, sehingga penelitian tindakan kelas siklus II dinyatakan berhasil dan tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Tiwow, M. F., Wantah, M. E., & Korompis, S. . (2021). Penggunaan Permainan Papan Gembira Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf a-z Pada Anak di PAUD Ceria Mahakeret Barat. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 48-52. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2254

Issue

Section

Articles