Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif memahami Sains Pada Anak kelompok B di TK GMIM Sejahtera Wanea

Authors

  • Ni Luh Putri Universitas Negeri Manado
  • Nona Hutri Umar Universitas Negeri Manado

Keywords:

metode demonstrasi, kognitif, sains, anak usia dini

Abstract

Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa yang perlu mendapatkan perhatian serius. Sejak lahir, anak memiliki berbagai potensi yang dikaruniakan Tuhan. Potensi tersebut perlu dirangsang dan difasilitasi agar dapat berkembang dengan optimal. Maka dari itu sangat penting untuk meningkatkan kognitif anak melalui pembelajaran saintifik guna membuat anak memahami sains sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif memahami sains pada anak kelompok B di TK Gmim Sejahtera Wanea. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap analisis data peneliti menggunakan metode penelitian kegiatan sehari-hari ketika anak mengikuti pembelajaran dengan berdasarkan indikator perkembangan kompetensi sesuai dengan Permendikmas No. 58 Tahun 2009 yang mencakup tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B dalam memahami sains berkembang sangat baik karena hampir seluruh anak dapat memahami proses pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan anak semakin antusias mengikuti kegiatan belajar karena mereka dapat mengembangkan minat dan bakat masing-masing.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Ni Luh Putri, & Umar, N. H. (2021). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif memahami Sains Pada Anak kelompok B di TK GMIM Sejahtera Wanea. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53-60. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2255

Issue

Section

Articles