Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dongeng Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK GMIM Zaitun Palelon

Indonesia

Authors

  • Mariowen Universitas Negeri Manado
  • Sofyan Amu Universitas Negeri Manado

Keywords:

bermain peran, bercerita dongeng, anak usia 3-4 tahun

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan pada anak usia dini 3-4 tahun di
TK GMIM Zaitun Palelon yang berjumlah 12 orang yang didapati 5 anak yang mampu.
bercerita dongeng anak sesuai perkembangannya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan
penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bercerita dongeng
pada anak usia dini 3-4 tahun di TK GMIM Zaitun Palelon Metode penelitian tindakan
kelas ini menggunakan teori Suharsimi Arikunto (2009:16) terdiri dari 2 siklus dengan
empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi hasil pada siklus I dan
II didapat dari pelaksanaan kegiatan bercerita dongeng anak hasil siklus I 58,33% siklus
II 91,66% berdasarkan hasil siklus II maka kemampuan bercerita dongeng anak telah
berhasil dilaksanakan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bercerita dongeng pada anak usia dini 3-
4 tahun di TK GMIM Zaitun Palelon.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Wantah, M. E., & Amu, S. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dongeng Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK GMIM Zaitun Palelon: Indonesia. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61-65. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2485