Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Kertas Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina
Keywords:
Demonstrasi, Menggunting, Bentuk geometriAbstract
Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan belum menunjukkan perkembangan motorik halus sesuai tingkat capaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Beberapa anak belum dapat memegang dan menggunakan gunting dengan benar hal ini terlihat dari kemampuan anak saat mengikuti pembelajaran dengan media gunting, anak tidak dapat mengerjakan tugas menggunting sampai tuntas. Hal ini karena kurangnya perhatian dan motivasi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan perkembangan motorik halus melalui kegiatan menggunting kertas bentuk geometri pada anak usia dini 5-6 tahun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dengan jumlah anak 12 orang, dimana terdapat 9 anak yang belum berkembang sesuai dengan harapan pada aspek perkembangan motorik halus khususnya pada kemampuan menggunting bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Mac Taggart. Hasil penelitian siklus I dan II melalui kegiatan belajar: menggunting gambar lingkaran (siklus I 41,67%, siklus II meningkat menjadi 75%), mengunting gambar segiempat (siklus I 33,33%, siklus II meningkat menjadi: 75%), menggunting gambar segitiga (siklus I 58,33%, siklus II meningkat menjadi: 83,33%).