Penggunaan Media Permainan Lego Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bagi Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Mogogonipa Indah Matayangan
Keywords:
Media permainan lego, Berhitung penjumlahan, Anak usia dini 5-6 tahunAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung melalui media permainan lego pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Mogogonipa Indah Matayangan. .Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model siklus Kemmis dan Mc Taggrat dengan empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini sebanyak 10 anak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu peneliti mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Dari hasil pertemuan di Siklus I didapatkan nilai rata-rata 12,5% anak Belum Berkembang (BB), 47,5% anak Mulai Berkembang (MB), 30% anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 10% anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Dari hasil ini menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan 1-10 setelah dilakukan penindakan walaupun belum optimal dan harus dilanjutkan ke Siklus II. Pencapaian kemampuan anak untuk menghitung penjumlahan 1-10 pada Siklus sudah terjadi peningkatan persentase mencapai 80%, untuk itu penelitian tidak akan dilanjutkan lagi. Kesimpulannya penggunaan media permainan lego efektif dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini 5-6 tahun.