Penggunaan Permainan Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Bahrul Ulun Mopuya

Authors

  • Elik Jatiningsih Universitas Negeri Manado

Keywords:

Permainan playdough, Mengenal angka 1 - 10

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana penggunaan permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka. Metode ini digunakan dalam pembentukan dalam bentuk penelitian. tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Repleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik di TK yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I 53,33% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 10 anak 66,67%. Hasil siklus II terlihat bahwa hasil pembelajaran sudah mencapai ketuntasan belajar anak dimana tingkat perkembangan anak berada pada tingkat berkembang sangat baik ­­­­(BSB) dan dinyatakan berhasil. Kesimpulannya bahwa penggunaan permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka di TK Bahrul Ulun Mopuya.

Downloads

Published

2020-11-10

How to Cite

Jatiningsih, E. . (2020). Penggunaan Permainan Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Bahrul Ulun Mopuya. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 15-18. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/255

Issue

Section

Articles