Penggunaan Permainan Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Bahrul Ulun Mopuya
Keywords:
Permainan playdough, Mengenal angka 1 - 10Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana penggunaan permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka. Metode ini digunakan dalam pembentukan dalam bentuk penelitian. tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Repleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik di TK yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I 53,33% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 10 anak 66,67%. Hasil siklus II terlihat bahwa hasil pembelajaran sudah mencapai ketuntasan belajar anak dimana tingkat perkembangan anak berada pada tingkat berkembang sangat baik (BSB) dan dinyatakan berhasil. Kesimpulannya bahwa penggunaan permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka di TK Bahrul Ulun Mopuya.