Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menyusun Sebuah Gambar Melalui Permainan Puzzle Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di RA AT-TAQWA Matayanagan

Authors

  • Aminah Ilato Universitas Negeri Manado

Keywords:

Motorik halus, Permainan puzzle, Menyusun gambar

Abstract

Anak masih mengalami kesulitan melatih konsentrasi,, kesabaran, serta ketelitian dalam menyusun kepingan puzzle menjadi sebuah bentuk gambar  yang utuh.. Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan   kemampuan motorik halus dalam menyusun sebuah gambar melalui permainan puzzle bagi anak usia dini 3-4  tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam  dua siklus dan ada empat tahapan yang dilakukan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dlakukan dengan observasi dan tes. Analisis data Teknik analisa data ini, peneliti menggunakan statistik sederhana yaitu prosentasi (%); Subjek penelitian adalah dengan jumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian siklus I yaitu, (33%) karena anak mampu menyusun kepingan puzzle menjadi gambar. Sedangkan (25%) karena anak mulai bisa membentuk kepala dan ekor dari gambar, begitupun (42%) karena anak belum mampu menyusun gambar  hanya mampu membentuk bagian kepalanya saja. Kemudian peneliti melanjutkan siklus II yaitu: (83%) karena anak bisa menyusun kepingan puzzle baik kepala, badan, kaki, menjadi gambar binatang angsa, sedangkan 2 anak (17%) karena anak mampu menyusun kepingan gambar binatang waalau dalam menggerakkan jari-jari tangannya masih sedikit dalam kesulitan. Dapat dikatakan bahwa permainan puszzle efektif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dalam menyusun sebuah gambar.

Downloads

Published

2020-11-10

How to Cite

Ilato, A. . (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menyusun Sebuah Gambar Melalui Permainan Puzzle Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di RA AT-TAQWA Matayanagan. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-23. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/256

Issue

Section

Articles