Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Menebak Bentuk Gambar Segitiga, Persegi, Persegi Panjang Dan Lingkaran Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B di TK Katolik Santa Theresia Tomohon
Indonesia
Keywords:
geometri, media audio visual, permainanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri di TK Katolik Santa Theresia Tomohon. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ditetapkan pada guru TK Katolik Santa Theresia Tomohon dengan jumlah 9 anak, terdiri dari 4 laki - laki dan 5 perempuan. Metode Penelitian : PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing - masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah Analisis proses tindakan (kualitatif) dilakukan dengan kolaborasi pada refleksi yang didasarkan dari data yang terkumpul. Analisis hasil tindakan (kuantitatif) dilakukan untuk menganalisis data yang berupa skor, yang merupakan hasil kemampuan hasil pembelajaran kemampuan mengenal bentuk geometri melaui media audio visual, dianalisis dengan perhitungan persentase. Hasil : Pada siklus 1 dari 9 anak, hanya terdapat 33,33% anak yang mencapai indikator ketuntasan, kemudian setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus 2 dari 9 anak, sudah 100% yang mencapai indikator ketuntasan dengan peningkatan 66,67%. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan tindakan dalam upaya meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri yang di buat dalam 2 siklus di TK Katolik Santa Theresia Tomohon, dapat di simpulkan bahwa kegiatan bermain menebak gambar bentuk geometri (segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran) melaui media audio visual adalah kegiatan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak.