Penggunaan Media Gambar Cerita Binatang Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A TK St. Tarsisius Tomohon

Indonesia

Authors

  • Maria Rompas Universitas Negeri Manado
  • Jurny Kumaat Universitas Negeri Manado
  • Olga Sumual Universitas Negeri Manado

Keywords:

kreativitas, cerita bergambar, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian peneliti yang dilakukan di TK St Tarsisius Tomohon salah satu metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu dengan Penggunaan Media Gambar Cerita Binatang. Penelitian ini dilaksanakan dalam II Siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model kemmis dan mc. Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi.  (supardi, dkk 2006).  Subjek penelitian yaitu siswa di Tk St. Tarsisius Tomohon yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan Media Gambar Cerita Binatang dalam meningkatkan kreativitas anak Kelompok A Tk St. Tarsisius Tomohon menunjukan adanya perubahan yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 33,3%, sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Sehingga dapat dikatakan bahwa peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 66,7%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Gambar Cerita Binatang  dapat meningkatkan kreativitas, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rompas, M., Kumaat, J., & Sumual, O. (2021). Penggunaan Media Gambar Cerita Binatang Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A TK St. Tarsisius Tomohon: Indonesia. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 15-21. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/3618