Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Keluargaku Di TK GMIM Maranatha Paslaten

Indonesia

Authors

  • Deisy Larenggam Universitas Negeri Manado
  • Mieke Olfien Mandagi Universitas Negeri Manado
  • Selvie Dumanaw Universitas Negeri Manado

Keywords:

anak, kemampuan sosial, bermain peran

Abstract

Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran sosial dengan  menggunakan metode bermain peran keluargakunmenggunakan media yang telah di buat dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar anak di TK GMIM Maranatha Paslaten.Hal ini dapat di lihat pada hasil penelitian. Pada siklus I dengan hasil dapat dilihat presentasi pencapaiannya adalah  50% dengan anak berjumlah 10 termasuk 1 anak yang mendapatkan bintang 1 ( BB), 4 anak mendapatkan bintang 2 (MB), 3 anak mendapatkan bintang 3 (BSH), dan 2 anak mendapatkan bintang 4 (BSB), sedangkan pada siklus II dengan hasil 100% dengan anak berjumlah 10 termasuk 0 anak yang mendapatkan  bintang 1 (BB), bintang 2(MB), bintang 3(BSH), dan 10 anak mendapatkan bintang 4 (BSB).sehingga penelitian ini di hentikan pada siklus ke II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Larenggam, D., Mandagi, M. O., & Dumanaw, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Keluargaku Di TK GMIM Maranatha Paslaten: Indonesia. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 22-26. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/3619