Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Eksperimen Telur Pada Anak Di TK Amzar Molinow Kota Kotamobagu
Indonesia
Keywords:
sains, eksperimen, telurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains melalui eksperimen telur pada anak di TK Amzar Molinow Kota Kotamobagu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, dimana perkembangan sains anak melalui eksperimen telur belum pernah dilakukan oleh guru. Eksperimen itu masih kurang dilakukan hal ini disebabkan karena anak-anak lebih dominan bermain dari pada belajar. Hal ini dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar di kelas, maka secara otomatis hasil belajar siswa tidak mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini dilaksanakan melalui II siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa di TK Amzar Molinow yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan eksperimen telur untuk meningkatkan kemampuan sains pada anak, menunjukkan adanya perubahan yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 66,6%, sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh siswa sudah meningkat mencapai 100%%. Sehingga dapat dikatakan bahwa peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 33,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui eksperimen telur dapat meningkatkan kemampuan sains dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.