Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Menanam Biji Kacang Hijau pada Anak Usia 5-6 Di TK DIAN Bukumatiti
Indonesia
Keywords:
kognitif, menanam biji, kacang hijauAbstract
Ketidakpahaman anak tentang menanam biji kacang hijau karna kurangnya pemahaman
anak dalam hal pengetahuan lingkungan secara nyata hal tersebut menjadi masalah yang
harus dipecahkan salah satunya dengan menerapkan metode demonstrasi menanam biji
kacang hijau. metode deonstrasi adalah metode belajar yang cara memperagaan barang
kejadian melakukan kegiatan baik secara langsung maupun penggunaan media
pengajaran, kognitif adalah cara berfikir manusia sedangkan menanam dan mengetahui
perubahan-perubahan didalamnya merupakan suatu kegiatan yang melibatkan cara
berfikir anak. Oleh sebab itu peneliti bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak melalui
kegiatan menanam biji kacang hijau. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dengan
model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan mc. Taggart
yang terdiri dari empat langkah yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4.
Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak
perempuan. Objek penelitian yaitu mengembangkan kognitif teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
peningkatan kognitif awal pada siklus I ada ank yang belum bisa menanam dan belum
bisa menjawab pertanyaan dari peneliti karna kurangnya perhatian anak pencapaian siklus
I 60.0% pada siklus II anak-anak sudah bisa menanam dan menjelaskan perubahan yang
terjadi pada kacang hijau serta mampu menjawab pertanyaan dari peneliti pencapaian
pada siklus II 90.0% hasil penelitian menunjukan bahwa kognitif dapat ditingkatkan
melalui menanam kacang hijau pada anak di TK Dian Bukumatiti.