Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami Pada Kelompok B di Paud Cilukba Tataaran I Tondano Selatan

Authors

  • Adelin Tanos Universitas Negeri Manado
  • Eduard Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Fera Tampi Universitas Negeri Manado

Keywords:

anak usia dini, keterampilan motorik halus, melipat kertas origami

Abstract

Keterampilan motorik halus anak di Paud cilukba Tataaran I belum berkembang secara maksimal khususnya kegiatan menggerakan jari tangan maupun untuk menggengam. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menerapkan kegiatan keterampilan motorik halus anak, melalui kegiatan melipat kertas origami.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang menjadi subjek penelitian yaitu anak-anak di Paud Cilukba Tataaran I, dengan jumlah anak 10 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi. Sendangkan untuk mengetahui tingkat perkembangan anak peneliti menggunakan lembar observasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa hasil penilaian siklus II yang menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas origami sudah mencapai kriteria perkembangan yang di harapkan yaitu BSH (Berkembang Sesui Harapan) dari 10 anak, sudah ada 9 anak yang mencapai ketuntasan sehingga mencapai 90% anak yang mencapai indikator ketuntasan. Berdasarkan dari hasil penelitian, bisa disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas origami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Tanos, A., Lengkong, E., & Tampi, F. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami Pada Kelompok B di Paud Cilukba Tataaran I Tondano Selatan. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 7-11. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/4632

Issue

Section

Articles