Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di TK Inaton Dumoga

Authors

  • Frisna Pojampuda Universitas Negeri Manado
  • Seidi Manopo Universitas Negeri Manado
  • Mieke Tiwow Universitas Negeri Manado

Keywords:

bermain peran, kognitif, anak

Abstract

Berdasarkan pengamatan di TK Inaton Dumoga, masalah yang temukan bahwa di sana
belum menerapkan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak, sehingga salah satu pemecahannya adalah dengan cara menerapkan metode bermain
peran untuk meningkatkan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap
yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam
penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 3 anak
perempuan dan 7 anak laki- laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
hasil karya dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain
peran anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif, dapat melatih anak untuk bermain
peran. Anak dilatih untuk bertanggung jawab, membangun kepercayaan diri, membangun
kemampuan bahasa dan juga meningkatkan kreativitas. Peningkatan tersebut dapat dilihat
dari hasil capaian pada siklus I 30%, dan hasil yang diperoleh pada siklus II meningkat
menjadi 100%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil dan tidak perlu
dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Pojampuda, F., Manopo, S., & Tiwow, M. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di TK Inaton Dumoga. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 12-16. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/4663

Issue

Section

Articles