Penerapan Media Puzzle Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak di Kelompok A TK GMIM Maranatha Kinilow
Keywords:
media puzzle, pengenalan huruf, anakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal huruf. Dan
untuk mengidentifikasi penyebab kurangnya kemampuan anak dlam mengenal huruf.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus, dan setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah yaitu perencanaa, pelaksanaan
tindakan, pengamatan, dan refleksi, dengan subjek 10 anak di kelompok A TK GMIM
Maranatha Kinilow. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
penilaian kegiatan harian dengan simbol-simbol penilaian yaitu menggunakan BB (Belum
Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), BSB
(Berkembang Sangat Baik). Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan
bahwa hasil penilaian siklus II yang menunjukkan penerapan media puzzle terhadap
pengenalan huruf pada anak sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan
yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dari 10 anak, sudah mencapai ketuntasan. Hasil
dari observasi yang diperoleh dari siklus I hanya 40% dan siklus II 60% maka
peningkatan yang diperoleh yaitu mengalami kenaikan 40%. Sehingga dapat disimpulkan
hasil di siklus II yaitu 100% sudah mencapai indikator ketuntasan. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan media puzzle terhadap kemampuan anak dalam mengenal
huruf meningkat.