Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pop Up Book di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken

Authors

  • Dewilce Gilatong Universitas Negeri Manado
  • Seidi Manopo Universitas Negeri Manado
  • Olga Sumual Universitas Negeri Manado

Keywords:

Anak, kemampuan berbicara, media pop up book

Abstract

Penelitian ini bertujuan unttuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media Pop Up Book pada anak usia 4-5 tahun di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken.Tahun ajaran 2021-2022. Penelitian menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas adalah 12 anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pada siklus I terdapat 3 anak (25%) belum berkembang, 2 anak (16,67%), mulai berkembang kemampuan berbicara,4 anak (33,33%) kemampuan berbicara berkembang sesuai harapan,3 anak (25%), kemampuan berbicaranya berkembang sangat baik, dengan demikian siklus I belum selesai. Pada siklus II terdapat 10 orang anak atau 83,33 % kemampuan berbicaranya berkembang sangat baik, dan kemampuan berbicara berkembang sesuai harapan 2 orang anak atau 16,67% dan terjadi peningkatan dari siklus I 64,58% menjadi 95,83 % pada siklus II. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Gilatong, D., Manopo, S., & Sumual, O. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pop Up Book di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 32-36. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5042

Issue

Section

Articles