Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pop Up Book di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken
Keywords:
Anak, kemampuan berbicara, media pop up bookAbstract
Penelitian ini bertujuan unttuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media Pop Up Book pada anak usia 4-5 tahun di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken.Tahun ajaran 2021-2022. Penelitian menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas adalah 12 anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pada siklus I terdapat 3 anak (25%) belum berkembang, 2 anak (16,67%), mulai berkembang kemampuan berbicara,4 anak (33,33%) kemampuan berbicara berkembang sesuai harapan,3 anak (25%), kemampuan berbicaranya berkembang sangat baik, dengan demikian siklus I belum selesai. Pada siklus II terdapat 10 orang anak atau 83,33 % kemampuan berbicaranya berkembang sangat baik, dan kemampuan berbicara berkembang sesuai harapan 2 orang anak atau 16,67% dan terjadi peningkatan dari siklus I 64,58% menjadi 95,83 % pada siklus II. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken.