PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK A TK GMIM BETESDA PERKAMIL MANADO

Authors

  • Widya Kanarang Universitas Negeri Manado
  • Ni Dewi Eka Suwaryaningrat Universitas Negeri Manado
  • Sofyan Amu Universitas Negeri Manado

Keywords:

Metode demonstrasi, kemandirian anak

Abstract

Penelitian ini berdasar terhadap pengamatan pada anak kelompok A TK GMIM Betesda Perkamil Manado yang berjumlah 12 anak. Dimana didapati 7 anak yang belum mampu mandiri sesuai perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian pada anak kelompok A TK GMIM Betesda Perkamil Manado. Metode penelitian kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dikutip dalam Zainal Aqib (2006) terdiri dari dua siklus denngan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil pada siklus I dan II didapat dari pelaksanaan tindakan kegiatan kemandirian memakai kaos kaki, sepatu dan baju seragam sendiri. Hasil pada siklus I 75% siklus II 91%, berdasarkan hasil penelitian siklus II maka kemandirian anak dalam memakai kaos kaki, sepatu dan baju seragam sendiri telah berhasil dilaksanakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan kemandirian pada anak kelompok A TK GMIM Betesda Perkamil Manado.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Kanarang, W., Suwaryaningrat, N. D. E., & Amu, S. (2022). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK A TK GMIM BETESDA PERKAMIL MANADO. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 37-44. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5043

Issue

Section

Articles