Studi Gambaran Pengetahuan Guru PAUD tentang Gizi Anak dalam Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Kecamatan Remboken
Keywords:
Pengetahuan guru, gizi anakAbstract
Gizi merupakan salah satu unsur penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pengetahuan guru tentang gizi menjadi salah satu tugas untuk memenuhi kompetensinya sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan pengetahuan guru tentang gizi anak dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata persentase pengetahuan guru tentang gizi anak dalam pendidikan anak usia dini mecapai 50%, artinya guru harus terus menaikkan pengetahuannya tentang gizi anak dalam pendidikan anak usia dini. Baik pengetahuan tentang kebutuhan gizi anak, gizi dalam pendidikan anak usia dini, maupun gizi dalam pelaksanaan pembelajaran harus terus ditingkatkan walaupun pengetahuan guru tentang gizi dalam pendidikan anak usia dini telah mecapai 100%.