Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Melipat Kertas Origami Di TK GMIM Eben Haezer Kakaskasen Tiga Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon
Keywords:
Kreativitas, Melipat kertas origamiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui melipat kertas origami dapat meningkatkan kreativitas pada anak dikelompok B2 di TK GMIM Eben Haezer Kakaskasen Tiga sejumlah 10 anak. Jenis penelitian ini memakai model Kemmis dan Mc.Taggart. penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I dapat dilihat presentasi pencapaiannya adalah 60% dengan anak berjumlah 10 termasuk 2 anak yang mendapatkan bintang 1(BelumBerkembang), 4 anak mendapatkan bintang 2 (MulaiBerkembang), 2 anak mendapatkan bintang 3 (BerkembangSesuaiHarapan),dan 2 anak mendapatkan bintang 4 (BerkembangSangatBaik),sedangkan pada siklus II dengan hasil 90% dengan anak berjumlah 10 termasuk tidak ada anak yang mendapatkan bintang 1 (BelumBerkembang), 1 anak mendapatkan bintang 2(MulaiBerkembang), 2 anak mendapatkan bintang 3(BerkembangSesuaiHarapan),dan 7 anak mendapatkan bintang 4 (BerkembangSangatBaik). Peningkatan kreativitas anak melalui permainan melipat kertas origami ditujukan dengan perubahan presentase hasil tindakan pada siklus I mencapai 60% meningkat menjadi 90% pada siklus II sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan melipat kertas origami dapat mengembangkan serta meningkatkan kreativitas peserta didik.
Kata Kunci : Kreativitas, melipat kertas origami