Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Media Alfabet Bergambar Pada Anak di Kelompok A TK Lembon Samala Moronge Selatan I
Keywords:
Huruf konsonan, Alfabet bergambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan melalui
media gambar kreatif pada anak di kelompok A TK Lembon Samala Moronge Selatan
1sejumlah 18 anak Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni
menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian tindakan kelas
dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penilaian kegiatan
harian dengan simbol-simbol penilaian yaitu menggunakan BB (Belum Berkembang), MB
(Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat
Baik). Hasil penelitian pada siklus I dengan hasil dari presentase pencapaiannya adalah
39% dari jumlah 18 anak,sedangkan pada siklus II dengan hasil 89% dari jumlah 18 anak.
Peningkatan kemampuan mengenal huruf konsonan ditunjukan dan dilihat dari presentase
hasil tindakan pada siklus I mencapai 39% meningkat menjadi 89% pada siklus II yang
merupakan pencapaian yang sangat baik didapat oleh anak dengan peningkatan yang
diperoleh mengalami kenaikan 50%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui media
alphabet bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan pada anak
di kelompok A TK Lembon Samala Moronge Selatan 1 melalui ketercapaiannya indicator
ketuntasan.
Kata Kunci : huruf konsonan, alfabet bergambar