Kreativitas Guru Paud Dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Di TK Eben Haezer Kakaskasen Tiga

Authors

  • Inggrid indah deba Universitas negeri manado
  • Mieke Mandagi Universitas Negeri Manado
  • Ni Dewi Eka Suwaryaningrat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kreativitas Guru, Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keativitas guru PAUD dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 di TK GMIM Eben Haezar Kakaskasen III. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Kualitatif. Analisis data dilakukan secara studi kasus. Sumber data adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, informan adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kreativitas guru dalam proses pembelajaran di masa  pandemi covid-19 di TK GMIM Eben Haezar Kakaskasen III yaitu dalam manajemen kelas seperti mengelola dan menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan  melalui kelas daring dengan membuat grup kelas di aplikasi whatsapp dan membuat video pembelajaran kemudian dikirim ke grup kelas kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar, penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran yang diberikan dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi yang diajarkan.

 

Kata Kunci : Kreativitas guru, pembelajaran, pandemi covid-19.

 

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

deba, I. indah, Mandagi, M., & Suwaryaningrat, N. D. E. (2022). Kreativitas Guru Paud Dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Di TK Eben Haezer Kakaskasen Tiga. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-15. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5173