Meningkatkan Keterampilan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Air Berjalan (Walking Water) Pada Kelompok B1 TK Umeranginta Damau
Keywords:
Sains anak, Eksperimen, Air berjalanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan keterampilan dan kemampuan sains melalui eksperimen air berjalan (walking water) pada anak, dalam membantu pemahaman kapilaritas air melalui tisu. Metode yang di gunakan adalah metode eksperimen ini peserta didik diberi kesempatan untuk mengalami sendiri. untuk itu penulis melalukan penelitian dengan menggunakan kegiatan pengenalan kegiatan sains melalui eksperimen air berjalan untuk meningkatkan keterampilan anak dalam mengenal sains. dengan eksperimen air berjalan ini dapat membantu untuk dapat mengenal lebih awal tentang sains. Pada penelitian siklus I hasilnya belum mencapai ketuntasan belajar hanya (45%) dari 9 anak. Masih ada anak yang belum memenuhi kriteria penilaian dalam mengenal sains melalui eksperimen air berjalan dan setelah dilanjutkan pada siklus II ketuntasan belajar anak mencapai 75% yang terdapat 15 anak yang sudah mengalami peningkatan memenuhi standar ketuntasan belajar, Dari jumlah keseluruan 20 orang anak. Jadi dari hasil pencapaian perbandingan yang di peroleh dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu 30% di dalamnya ada 6 orang anak yang mengalami peningkatan. dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan eksperimen air berjalan dapat meningkatkan keterampilan sains anak. Anak dilatih untuk memahami kapilaritas air melalui tisu dengan lebih mudah di pahami oleh anak dan juga meningkatkan rasa ingin tahu anak di TK Umeranginta Damau.