Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Alat Permainan Edukatif Kartu Abjad di TK GMIM Betlehem Tataaran I
Keywords:
Mengenal Huruf, Permainan, Kartu AbjadAbstract
Masalah dalam penelitian ini Apakah media kartu abjad dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK GMIM BETLEHEM Tataaran I? Dan tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak melalui penggunaan media kartu huruf pada kelompok A di TK GMIM BETLEHEM Tataaran I, melibatkan 15 orang anak terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian PTK Kemmis & Taggart, yang dilakukan secara bersiklus. Hasil penelitian kemampuan mengenal huruf kelompok TK GMIM BETLEHEM Tataaran I dapat ditingkatkan melalui metode permainan kartu abjad dalam proses pembelajaran dengan cara masing-masing anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu Kemampuan mengenal Huruf, Kemampuan Mengelompokkan Huruf Abjad yang sama, dan Kemampuan Mengurutkan Huruf Abjad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada pra tindakan dan dilakukan tindakan siklus I kemudian siklus II meningkat menjadi 75%. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak di TK GMIM BETLEHEM Tataaran I telah mencapai kemampuan mengenal huruf pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) seperti yang diharapkan. Pembelajaran dalam upaya peningkatan kemampuan mengenal huruf dikatakan berhasil, karena dari 15 anak yang sudah mencapai pada kriteria BSB sebanyak 9 anak (75%). Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu abjad dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A TK GMIM BETLEHEM Tataaran I dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf.