Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Merancang Aquarium dari Botol Bekas di Kelompok B TK Frater Don Bosco Tomohon
Keywords:
Kemampuan kognitif, merancang aquarium, botol bekasAbstract
Latar Belakang : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan merancang aquarium dari botol bekas di kelompok B TK Frater Don Bosco Tomohon. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ditetapkan pada guru TK Frater don Bosco Tomohon dengan jumlah 10 anak, terdiri dari 5 laki - laki dan 5 perempuan. Metode Penelitian : PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing - masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah Analisis proses tindakan (kualitatif) dilakukan dengan kolaborasi pada refleksi yang didasarkan dari data yang terkumpul. Analisis hasil tindakan (kuantitatif) dilakukan untuk menganalisis data yang berupa skor, yang merupakan hasil kemampuan hasil pembelajaran kemampuan kognitif anak dalam merancang aquarium dari botol bekas, dianalisis dengan perhitungan persentase. Hasil : Pada siklus 1 dari 10 anak, hanya terdapat 60,0% anak yang mencapai indikator ketuntasan, kemudian setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus 2 dari 10 anak, sudah 95.0% yang mencapai indikator ketuntasan dengan peningkatan 35.0%. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan tindakan dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitf melalui kegiatan merancang aquarium dari botol bekas yang di buat dalam 2 siklus di TK Frater Don Bosco, dapat di simpulkan bahwa kegiatan merancang aquarium dari botol bekas adalah kegiatan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.