Penggunaan Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak TK GMIM Sion Koyawas Kecamatan Langowan Barat
Keywords:
Media loose part, kemampuan mengenal hurufAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak TK GMIM Sion Koyawas . Media Loose Part sebagai alat edukatif yang paling efektif untuk mengenalkan huruf dan dapat digunakan sebagai alat peraga sekaligus dapat untuk alat permainan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk medeskripsikan tentang penggunaan media Loose Part untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di TK GMIM Sion Koyawas Kecamatan Langowan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dilaksanakan dua kali siklus dengan langkah-langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak TK GMIM Sion Koyawas kelompok B yang berjumlah 23 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan serta analisa data menggunakan teknik penilaian di TK. Hasil penelitian menunjukkan siklus I 71,08 % dan siklus II mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan menjadi 86,08%. Diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK GMIM Sion Koyawas Kecamatan Langowan Barat dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Loose Part. Karena itu disarankan agar guru-guru TK dapat dapat menggunakan media Loose Part khususnya dalam mengenalkan huruf pada anak.