Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak kelompok B di TK Eben Haezar Kakaskasen Tiga
Keywords:
Motorik halus, Kegiatan mewarnai, AnakAbstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada kelompok B TK Eben Haezer Kakaskasen Tiga. Kemampuan motorik halus sangat penting untuk mendukung jenjang pendidikan selanjutnya.Penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Eben Haezer Kakaskasen Tiga berjumlah 16 anak dengan objek kemampuan motorik halus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil observasi kemampuan motorik halus sebelum tindakan rata-rata persentase sebesar 64,58% dengan kriteria BSH, mengalami peningkatan sebesar 3,65% pada siklus I berada pada kriteria Berkembang Sesuai Hasil (BSH), pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,72% menjadi Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan lebih dari 75% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.Untuk itu, disarankan agar para guru dalam mengembangkan motorik halus anak selalu menggunakan media mewarnai gambar dalam proses pembelajaran di TK