Penggunaan media Loose Part dalam meningkatkan kemampuan berhitung awal di TK Katolik St.Theresia Tomohon

Authors

  • Hastuti Mokodongan Universitas Negeri Manado
  • Hasnawati Paputungan Universitas Negeri Manado
  • Fera Tampi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Media loose part, kemampuan berhitung awal

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampaun berhitung awal pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu:1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Observasi 4. Refleksi. Dengan desain penelitian menggunakan metode loose part. Subyek penelitian yaitu siswa di TK Katolik St. Theresia Tomohon yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang baik pada siklus I yaitu hasil yang diperoleh mencapai 40%, sedangkan hasil siklus II yang diperoleh sudah meningkat mencapai 100%.  Dari hasil yang diperoleh berarti tujuan penelitian ini telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media  loose part dalam berhitung awal lainnya guna meningkatkan hasil belajar anak.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mokodongan, H., Paputungan, H., & Tampi, F. (2023). Penggunaan media Loose Part dalam meningkatkan kemampuan berhitung awal di TK Katolik St.Theresia Tomohon. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/6357

Issue

Section

Articles