Pengunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Buah di TK Lestari
Keywords:
Metode pemberian tugas, Mewarnai, Gambar buahAbstract
Masalah yang ditemui di TK Lestari masih banyak anak yang motivasi belajarnya masih
kurang sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. berdasarkan observasi
ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut diantaranya penggunaan metode
pembelajaran yang kurang tepat seperti ceramah sehingga anak di dalam kelas hanya
monoton dan tidak ada kesempatan anak untuk bereksplorasi dan juga penggunaan media
pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini penggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus,
jumlah anak ada 12 orang, yang tahap – tahapnya sebagai berikut : 1. Perencanaan, 2.
Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan
motivasi anak dari siklus I yang hasilnya 60% ketuntasan ke siklus II yang hasilnya
100% ketuntasan dengan menggunakan metode pemberian tugas.