Penerapan Media Permainan Balok-Balok Kecil Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Beringin Moyag

Authors

  • Elpi Lasabuda Universitas Negeri Manado

Keywords:

Permainan balok kecil, membilang angka 1-10

Abstract

Pada umumnya anak usia dini 3-4 tahun belum bisa membilang angka 1 – 10 dengan
benar mereka bisa membilang satu, dua, tiga, lima, tujuh dan sepuluh. Hal ini disebabkan
karena kurangnya alat media, media pembelajaran kurang menarik dan guru cederung
menggunakan metode pembelajaran secara klasikal, guru menggunakan media yang tidak
sesuai dengan usia anak. Penelitian ini menggunakan metode. Penelitian Tindakan Kelas,
dalam penelitian ini adalah berjumlah 6 anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan membilang angka 1-10 dengan menggunakan media balok
kecil pada anak usia dini 3-4 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
menggunakan media permainan balok - balok kecil pada pembelajaran matematika
ternyata dapat meningkatkan kemampuan membilang angka 1 – 10 pada anak usia dini 3-
4 tahun. Dengan menggunakan media permainan balok - balok kecil anak dapat lebih
mudah membilang angka 1-10 dengan benar secara berurutan. Dan guru dapat lebih
kreatif dalam mengajar anak Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa
penggunaan media permainan balok - balok kecil dapat meningkatkan kemampuan
membilang angka 1-10 pada anak usia dini 3-4 tahun

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Lasabuda, E. (2020). Penerapan Media Permainan Balok-Balok Kecil Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Beringin Moyag. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 34-37. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/677