Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Lestari Modayag

Authors

  • Srihartini Kasnan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model picture and picture, bilangan 1-10

Abstract

Model Picture and Picture mengandalkan gambar sebagai media dalam proses
pembelajaran. Media gambar dapat merangsang anak didik agar lebih termotivasi dan
tertarik dalam pembelajaran. Dengan menggunakan kartu angka bergambar tanpa
memisahkan angka dan gambar, ternyata masih ada anak yang masih belum mengerti
karena dalam menjelaskan media kartu angka masih klasikal dan gambarnya kurang
menarik bagi anak-anak. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal
konsep bilangan 1-10 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian berjumlah 10 anak. Subjek penelitian berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik
analisis data berupa penilaian dengan simbol bintang. Hasil penelitian siklus I dengan
nilai r ata-rata40% artinya belum berhasil, dilanjutkan pada siklus II dengan capaian nilai
rata-rata 80% yang menyatakan berhasil, sesuai indikator pembelajaran.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Kasnan, S. (2020). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di TK Lestari Modayag. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 38-41. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/680