Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Bergambar pada Anak di TK GMIM Hanna Matani
Keywords:
Lambang bilangan 1-10, kartu angka bergambar.Abstract
Latar Belakang : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan
mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain kartu angka bergambar di TK
GMIM Hanna Matani. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas
dengan subjek penelitian pada anak Kelompok B berjumlah 10 anak, terdiri dari 5
laki - laki dan 5 perempuan. Metode Penelitian : PTK (Penelitian Tindakan
Kelas). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
pengumpulan data. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing – masing
siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah Analisis proses tindakan
(kualitatif) dilakukan dengan kolaborasi pada refleksi yang bersumber dari data
yang terkumpul. Analisis hasil tindakan (kuantitatif), dianalisis dengan
perhitungan proporsi. Hasil : Pada siklus 1 dari 10 anak, hanya terdapat 40%
anak yang mencapai indikator ketuntasan, kemudian setelah dilakukan penelitian
tindakan pada siklus 2 dari 10 anak, sudah 100% yang mencapai indikator
ketuntasan. Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan tindakan dalam
upaya mengembangkan kemampuan pengenalan lambang lambang 1-10 melalui
bermain kartu angka bergambar di TK GMIM Hanna Matani yang dibuat dalam 2
siklus, dapat di simpulkan bahwa kegiatan mengenal lambang lambang 1-10
melalui permainan kartu angka bergambar adalah kegiatan yang cocok untuk
meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan 1- 10 pada anak.