MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK DI TK GMIM 15 TANDURUSA KOTA BITUNG
Keywords:
Mengenal Huruf, Metode Permainan Kartu HurufAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode permainan
kartu huruf pada anak di TK GMIM 15 Tandurusa Kota Bitung. Penelitian ini dilaksanakan melalui II
siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart
yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Subjek
penelitian yaitu anak di TK GMIM 15 Tandurusa Kota Bitung yang berjumlah 10 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode permainan kartu huruf pada anak,
menunjukkan adanya perubahan yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai
62.5%, sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh siswa sudah meningkat mencapai 97.5%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode
permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan dapat meningkatkan
hasil belajar pada anak di TK GMIM 15 Tandurusa Kota Bitung.