MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ALFABET MELALUI MEDIA BALOK HURUF PADA ANAK DI TK GMIM EFRATA II BITUNG

Authors

  • Monica C. A. Pontoh
  • Jeiny I J Dengah Universitas Negeri Manado
  • Meike E. Tiwow Universitas Negeri Manado

Keywords:

Mengenal Alfabet, Media Balok Huruf

Abstract

Dalam proses pembelajaran kemampuan anak mengenal alfabet masih rendah, anak belum dapat
menyebutkan huruf secara acak karena penyampaian materi hanya menggunakan media pembelajaran
yang sederhana dan kurang menarik sehingga anak kurang termotivasi dalam belajar yang dapat
mempengaruhi keberhasilan belajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui II siklus dengan
model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.
Subjek penelitian yaitu anak di TK GMIM Efrata II Bitung yang berjumlah 10 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan mengenal alfabet melalui media balok huruf pada anak menunjukkan adanya perubahan
yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 60%, sedangkan pada siklus II hasil yang
diperoleh adalah 95%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa
melalui penggunaan media balok huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal alfabet dan dapat
meningkatkan hasil belajar pada anak di TK GMIM Efrata II Bitung.

Published

2023-12-31

How to Cite

Pontoh, M. C. A., Dengah, J. I. J. ., & Tiwow, M. E. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ALFABET MELALUI MEDIA BALOK HURUF PADA ANAK DI TK GMIM EFRATA II BITUNG. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16-21. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/9373