MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LIDI BAMBU PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK GMIM EFRATA 2 BITUNG

Authors

  • Yohana A Toanubun Universitas Negeri Manado
  • Eduard J. Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Olga R M Sumual Universitas Negeri Manado

Keywords:

Permainan Tradisional, Lidi Bambu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kamapuan membilang angka 1-10 pada anak usia dini.
Penelitian ini menggunankan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan
Mc.Tanggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pada penelitian siklus I belum mencapai ketuntasan belajar anak hanya mendapatkan ketuntasan 54,5
%. Dan pada peneitian siklus II sudah lebih meningkat lagi pencapaian anak yaitu dari 54,5 % pada
siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan daari hasil penelitian yang sudah
peneliti laksanakan di TK GMIM Efrata 2 Bitung menunjukan bahwa hasil siklus II yang menunjukan
permainan tradisional lidi bambu untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak di
TK GMIM Efrata 2 Bitung sudah mencapai ketuntasan atau kriteria perkembang yang diharapkan
yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dari 11 anak sudah mencapai ketuntasan dalam belajar.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional lidi bambu dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam membilang angka 1-10.

Published

2023-12-31

How to Cite

Toanubun, Y. A., Lengkong, E. J. ., & Sumual, O. R. M. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LIDI BAMBU PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK GMIM EFRATA 2 BITUNG . Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 22-28. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/9374