MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI TK DAHLIA INOBONTO II
Keywords:
Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf BergambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan
media kartu huruf bergambar pada anak di TK Dahlia Inobonto 2. Penelitian ini dilaksanakan melalui
II siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart
yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek
penelitian yaitu anak di TK Dahlia Inobonto 2 yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media
kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak,
menunjukkan adanya perubahan yang sangat baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai
60%, sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh siswa sudah meningkat mencapai 90%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan
media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan serta dapat
meningkatkan hasil belajar anak di TK Dahlia Inobonto 2.