PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BALON MENGEMBANG TANPA DITIUP UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS PADA ANAK DI TK BERINGIN MOYONGKOTA

Authors

  • Ismi W Bumulo Universitas Negeri Manado
  • Ni Luh Putri
  • Hasnawati Paputungan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Metode Eksperimen Balon Mengembang, Pengetahuan Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sains melalui penerapan metode eksperimen
balon mengembang tanpa ditiup pada anak di TK Beringin Moyongkota. Penelitian ini dilaksanakan
melalui II siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc.
Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi.
Subjek penelitian yaitu siswa di TK Beringin Moyongkota yang berjumlah 10 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan metode eksperimen balon mengembang tanpa ditiup untuk meningkatkan pengetahuan
sains pada anak, menunjukkan adanya perubahan yang baik dengan hasil yang diperoleh pada siklus I
mencapai 60,0%, sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh siswa sudah meningkat mencapai
92,5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan metode eksperimen balon mengembang tanpa ditiup dapat meningkatkan pengetahuan
sains dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di TK Beringin Moyongkota

Published

2023-12-31

How to Cite

Bumulo, I. W., Putri, N. L., & Paputungan, H. (2023). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BALON MENGEMBANG TANPA DITIUP UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS PADA ANAK DI TK BERINGIN MOYONGKOTA . Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 42-50. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/9377