PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RITATOON DI TK KEMBANG MEKAR TUNGOI 1

Authors

  • Novincha Pomo
  • Threesje Tolukun
  • Eduard J. Lengkong

Keywords:

Media ritatoon, kemampuan bahasa anak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan
mendongeng menggunakan ritatoon sebagai media pembelajaran. Penelitian ini mengacu pada prosedur
yang dikemukakan oleh kemmis dan dan Mc. Taggarat dengan II siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh anak di kelas
B1 TK Kembang Mekar Tungoi 1 dengan 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan
data melalui observasi dan tes, teknik analisi data menggunakan teknik presentase. Dari hasil penelitian
yang dilakukan dengan II siklus dan menerapkan kegiatan mendongeng dengan tema “binatang”. Siklus I
ditemukan belum ada peningkatan, hasil peneltian pada siklus I hanya 50% yaitu 5 dari 10 anak belum
mencapai ketuntasan belajar, anak masih belum bisa memahami kata-kata dalam bahasa indonesia, pada
siklus II terjadi peningkatan kemampuan memahami bahasa, hasil penelitian pada siklus II yaitu 90%
dimana 9 dari 10 anak sudah mencapai ketuntasan belajar.

Published

2024-05-27

How to Cite

Pomo, N. ., Tolukun, T. ., & Lengkong, E. J. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RITATOON DI TK KEMBANG MEKAR TUNGOI 1 . Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 51-57. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/9378