KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOTOLING TIMUR

Authors

  • Erika Kawulur Universitas Negeri Manado
  • Wimsje Revlin Palar Universitas Negeri Manado
  • Oldie S. Meruntu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Motoling Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang dilakukan selama satu bulan di lokasi penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan memilih 20 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian berdasarkan kriteria yang relevan. Data dikumpulkan melalui tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi, meliputi tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang, dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam membantu siswa memahami dan menentukan struktur teks eksposisi. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 76,2%, yang mencerminkan tingkat kemampuan yang cukup memadai. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur teks eksposisi, tetapi juga mendorong kerjasama dan interaksi positif di antara siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bagi pengembangan strategi pembelajaran kooperatif dan merekomendasikan penerapan model ini secara lebih luas dalam proses pembelajaran di kelas.

References

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedi.

Ariningsih, N. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 130–141.

Arsyidin, M. (2019). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Eksposisi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Faiqotul, S. (2015). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jurnal Intelegensia, 03(01), 59–74.

Hasan Zulfa. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 574–580.

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupatenbojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 120.

Jultia, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duraka. BASTRA (Bahasa Dan Sastra), 4(3).

Kemal, I. (2023). Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(1):127–38.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks: Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Kristyanawati, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202.

Kusmana, S. (2018). Cerdas Berbahasa. Academia. Edu.

Mailana, Okarisma. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, Vol. 1 No 2.

Nugraheni, D., & Triyanto, T. (2023). Pembelajaran Teks Eksposisi: Perspektif Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 15(2), 105-120.

Nuranisah. (2015). Keterampilan menulis eksposisi melalui pendekatan scientic dan metode discovery learning di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. I (I), hlm. 3-4.

Omeri, N. (2015). Pentingya Pendidikan karakter dalam dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajer Pendidikan Program Pascasarjana. 9(3).

Rahman, Taufiqur. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Rosmaya, E. (2013). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok DI SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111–127.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Yokyakarta: AR-ruz media.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suparno, Yunus. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Kawulur, E., Palar, W. R., & Meruntu, O. S. (2025). KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOTOLING TIMUR. KOMPETENSI, 4(11), 763-769. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10492