KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOTOLING TIMUR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw< em> pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Motoling Timur Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan selama satu bulan di lokasi penelitian Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling< em> dengan memilih 20 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian berdasarkan kriteria yang relevan Data dikumpulkan melalui tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi meliputi tesis rangkaian argumentasi dan penegasan ulang dan dianalisis menggunakan rumus persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw< em> efektif dalam membantu siswa memahami dan menentukan struktur teks eksposisi Rata rata nilai yang diperoleh siswa adalah 76 2 yang mencerminkan tingkat kemampuan yang cukup memadai Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw< em> tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur teks eksposisi tetapi juga mendorong kerjasama dan interaksi positif di antara siswa Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bagi pengembangan strategi pembelajaran kooperatif dan merekomendasikan penerapan model ini secara lebih luas dalam proses pembelajaran di kelas < p>

References

Ali A M 2018 Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya Jakarta: Prenadamedi

Ariningsih N 2012 Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas Jurnal Penelitian Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 1 1 130 141

Arsyidin M 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Eksposisi Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan

Faiqotul S 2015 Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Jurnal Intelegensia 03 01 59 74

Hasan Zulfa 2016 Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5 2 574 580

Hasanudin C 2017 Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupatenbojonegoro Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 17 1 120

Jultia W 2019 Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duraka BASTRA Bahasa Dan Sastra 4 3

Kemal I 2023 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 19 1 :127 38

Kosasih E 2017 Jenis jenis Teks: Fungsi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Bandung: Yrama Widya

Kristyanawati M 2019 Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 2 192 202

Kusmana S 2018 Cerdas Berbahasa Academia Edu

Mailana Okarisma 2022 Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia KAMPRET Journal Vol 1 No 2

Nugraheni D Triyanto T 2023 Pembelajaran Teks Eksposisi: Perspektif Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 15 2 105 120

Nuranisah 2015 Keterampilan menulis eksposisi melalui pendekatan scientic dan metode discovery learning di SMA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra I I hlm 3 4

Omeri N 2015 Pentingya Pendidikan karakter dalam dunia Pendidikan Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajer Pendidikan Program Pascasarjana 9 3

Rahman Taufiqur 2018 Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan Semarang: CV Pilar Nusantara

Rosmaya E 2013 Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok DI SMP DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5 1 111 127

Shoimin Aris 2014 Model Pembelajaran Inovatif Yokyakarta: AR ruz media

Sugiyono 2016 Metode penelitian pendekatan kualitatif kuantitatif dan R D Bandung Alfabeta

Suparno Yunus 2015 Keterampilan Menulis Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOTOLING TIMUR. (2025). KOMPETENSI, 4(11), 763 769. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10492