KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOTOLING TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10492Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw< em> pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Motoling Timur Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan selama satu bulan di lokasi penelitian Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling< em> dengan memilih 20 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian berdasarkan kriteria yang relevan Data dikumpulkan melalui tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi meliputi tesis rangkaian argumentasi dan penegasan ulang dan dianalisis menggunakan rumus persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw< em> efektif dalam membantu siswa memahami dan menentukan struktur teks eksposisi Rata rata nilai yang diperoleh siswa adalah 76 2 yang mencerminkan tingkat kemampuan yang cukup memadai Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw< em> tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur teks eksposisi tetapi juga mendorong kerjasama dan interaksi positif di antara siswa Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bagi pengembangan strategi pembelajaran kooperatif dan merekomendasikan penerapan model ini secara lebih luas dalam proses pembelajaran di kelas < p>
References
Ali A M 2018 Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya Jakarta: Prenadamedi
Ariningsih N 2012 Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas Jurnal Penelitian Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 1 1 130 141
Arsyidin M 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Eksposisi Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan
Faiqotul S 2015 Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Jurnal Intelegensia 03 01 59 74
Hasan Zulfa 2016 Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5 2 574 580
Hasanudin C 2017 Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupatenbojonegoro Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 17 1 120
Jultia W 2019 Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duraka BASTRA Bahasa Dan Sastra 4 3
Kemal I 2023 Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 19 1 :127 38
Kosasih E 2017 Jenis jenis Teks: Fungsi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Bandung: Yrama Widya
Kristyanawati M 2019 Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 2 192 202
Kusmana S 2018 Cerdas Berbahasa Academia Edu
Mailana Okarisma 2022 Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia KAMPRET Journal Vol 1 No 2
Nugraheni D Triyanto T 2023 Pembelajaran Teks Eksposisi: Perspektif Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 15 2 105 120
Nuranisah 2015 Keterampilan menulis eksposisi melalui pendekatan scientic dan metode discovery learning di SMA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra I I hlm 3 4
Omeri N 2015 Pentingya Pendidikan karakter dalam dunia Pendidikan Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajer Pendidikan Program Pascasarjana 9 3
Rahman Taufiqur 2018 Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan Semarang: CV Pilar Nusantara
Rosmaya E 2013 Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok DI SMP DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5 1 111 127
Shoimin Aris 2014 Model Pembelajaran Inovatif Yokyakarta: AR ruz media
Sugiyono 2016 Metode penelitian pendekatan kualitatif kuantitatif dan R D Bandung Alfabeta
Suparno Yunus 2015 Keterampilan Menulis Jakarta: Raja Grafindo Persada