PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII
SEBUAH STUDI DI SMP NEGERI 4 TOMBARIRI
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10539Keywords:
Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Teks Narasi, Keterampilan MenulisAbstract
Tujuan utama penelitian ini sebagai berikut: 1). Untuk mendeskripsikan implementasi model explicit instruction teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran menulis teks narasi linear pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri. 2). Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri dalam menulis teks narasi linear dengan menggunakan model explicit intsruction teknik kronologis peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang mefokuskan pada penerapan model explicit instruction teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran teks narasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa model explicit instruction teknik kronologis peristiwa dalam menulis teks narasi mampu diterapkan dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas VII A. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh seluruh siswa yang mencapai 85%
The main objectives of this study are as follows: 1). To describe the implementation of the explicit instruction model of the chronological event technique in learning to write linear narrative texts for class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri. 2). To describe the ability of class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri in writing linear narrative texts using the explicit instruction model of the chronological event technique. This study is a descriptive analytical study that focuses on the application of the explicit instruction model of the chronological event technique in learning narrative texts for class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri. The data collection techniques in this study used test, observation, and interview techniques. The data sources in this study were class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri with a total of 20 students. The results of the study obtained, it can be said that the explicit instruction model of the chronological event technique in writing narrative texts can be applied in the teaching and learning process for class VII A students. This can be proven by the average value obtained by all students which reached 85%
References
Afra, F. (2023). Kronologis adalah urutan waktu berikut jenis dan contohnya. DetikEdu/Detikpedia. Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6983031/kronologis-adalah-urutan-waktu-berikut-jenis-dan-contohnya
Ali, M. (1987). Penelitian kependidikan: Prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa.
Archer, A. L., & Hughes, C. A. (2011). Explicit instruction: Effective and efficient teaching. Guilford Press.
Arends, R. (2001). Classroom instructional management. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan, N. (2001). Penilaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BMFE.
Hartono, A. (2021). Penggunaan model pembelajaran explicit instruction dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 112–124.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Kosasih. (2014). Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, D. (2020). Peran bahasa Indonesia dalam konteks globalisasi dan pendidikan. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(3), 101–115.
Miftahul, H. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nida. (1957). Empat komponen keterampilan berbahasa. Onoma Journal. Retrieved from https://journal.uncp.ac.id/index.php/onoma/article/view/907/774
Putra, I. K. (2019). Penerapan model pembelajaran explicit instruction dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 45–58.
Putra, D. (2018). Penerapan explicit instruction dalam pembelajaran teks deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(1), 45–53.
Putri, N. A., & Wulandari, A. R. (2021). Bahasa Indonesia dan peranannya sebagai bahasa pemersatu bangsa. Jurnal Linguistik dan Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 120–128.
Rahman, A. (2019). Efektivitas model explicit instruction dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, 4(2), 89–97.
Sari, D. (2020). Penerapan explicit instruction untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 72–85.
Sari, L. (2020). Pengaruh model explicit instruction terhadap kemampuan menulis narasi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(3), 110–120.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Yasa, I. N. (2012). Teori sastra dan penerapannya. Bandung: Karya Putra Darwati.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.