PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII
SEBUAH STUDI DI SMP NEGERI 4 TOMBARIRI
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i11.10539Keywords:
Model Pembelajaran, Explicit Instruction, Teks Narasi, Keterampilan MenulisAbstract
Tujuan utama penelitian ini sebagai berikut: 1 Untuk mendeskripsikan nbsp; implementasi model explicit instruction< em> teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran menulis teks narasi linear pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri 2 Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri dalam menulis teks narasi linear dengan menggunakan model explicit intsruction< em> teknik kronologis peristiwa Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang mefokuskan pada penerapan model explicit instruction< em> teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran teks narasi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik tes observasi dan wawancara Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tombariri dengan jumlah 20 siswa Hasil penelitian yang diperoleh dapat dikatakan bahwa model explicit instruction< em> teknik kronologis peristiwa dalam menulis teks narasi mampu diterapkan dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas VII A Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata rata yang diperoleh seluruh siswa yang mencapai 85 < strong>< p>
nbsp;< p>
The main objectives of this study are as follows: 1 To describe the implementation of the explicit instruction model of the chronological event technique in learning to write linear narrative texts for class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri 2 To describe the ability of class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri in writing linear narrative texts using the explicit instruction model of the chronological event technique This study is a descriptive analytical study that focuses on the application of the explicit instruction model of the chronological event technique in learning narrative texts for class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri The data collection techniques in this study used test observation and interview techniques The data sources in this study were class VII A students of SMP Negeri 4 Tombariri with a total of 20 students The results of the study obtained it can be said that the explicit instruction model of the chronological event technique in writing narrative texts can be applied in the teaching and learning process for class VII A students This can be proven by the average value obtained by all students which reached 85 < strong>< p>
References
Afra F 2023 Kronologis adalah urutan waktu berikut jenis dan contohnya DetikEdu Detikpedia Retrieved from https: www detik com edu detikpedia d 6983031 kronologis adalah urutan waktu berikut jenis dan contohnya
Ali M 1987 Penelitian kependidikan: Prosedur dan strategi Bandung: Angkasa
Archer A L Hughes C A 2011 Explicit instruction: Effective and efficient teaching Guilford Press
Arends R 2001 Classroom instructional management Jakarta: Kencana
Arikunto S 2013 Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta
Burhan N 2001 Penilaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra Yogyakarta: BMFE
Hartono A 2021 Penggunaan model pembelajaran explicit instruction dalam pembelajaran bahasa dan sastra Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 7 3 112 124
Huda M 2014 Model model pengajaran dan pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iskandarwassid Sunendar D 2008 Strategi pembelajaran bahasa Bandung: Rosdakarya
Kosasih 2014 Jenis jenis teks Bandung: Yrama Widya
Lestari D 2020 Peran bahasa Indonesia dalam konteks globalisasi dan pendidikan Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 16 3 101 115
Miftahul H 2013 Model model pengajaran dan pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nida 1957 Empat komponen keterampilan berbahasa Onoma Journal Retrieved from https: journal uncp ac id index php onoma article view 907 774
Putra I K 2019 Penerapan model pembelajaran explicit instruction dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4 1 45 58
Putra D 2018 Penerapan explicit instruction dalam pembelajaran teks deskripsi Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 5 1 45 53
Putri N A Wulandari A R 2021 Bahasa Indonesia dan peranannya sebagai bahasa pemersatu bangsa Jurnal Linguistik dan Pendidikan Bahasa Indonesia 8 2 120 128
Rahman A 2019 Efektivitas model explicit instruction dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa 4 2 89 97
Sari D 2020 Penerapan explicit instruction untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa SMA Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 5 2 72 85
Sari L 2020 Pengaruh model explicit instruction terhadap kemampuan menulis narasi Jurnal Bahasa dan Sastra 6 3 110 120
Sugiyono 2013 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Suparno Yunus M 2008 Keterampilan dasar menulis Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan H G 2008 Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa Bandung: Angkasa
Trianto 2009 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif Jakarta: Kencana
Yasa I N 2012 Teori sastra dan penerapannya Bandung: Karya Putra Darwati