NILAI MORAL DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SELOKAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i12.10722Keywords:
Nilai moral, Sang Pemimpi, Andrea Hirata, Kurikulum Merdeka, Ananlisis NovelAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai moral dalam novel Sang Pemimpi< em> karya Andrea Hirata serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di sekolah Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi Penelitian dilakukan pada April hingga Mei 2024 menggunakan novel Sang Pemimpi< em> sebagai sumber data primer sementara buku dan literatur yang relevan menjadi sumber data sekunder Teknik pengumpulan data melibatkan membaca secara menyeluruh dan mencatat elemen elemen moral yang ditemukan dalam novel Proses analisis dimulai dengan membaca novel untuk identifikasi umum dilanjutkan dengan interpretasi mendalam terhadap elemen elemen moral yang terkandung di dalamnya Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai moral positif dan negatif dalam novel Sang Pemimpi< em> Nilai moral positif meliputi kemandirian kerja keras tanggung jawab tolong menolong kepedulian persahabatan ketakwaan dan toleransi Sebaliknya nilai moral negatif yang ditemukan meliputi kecerobohan kurang etika dan kemalasan Implikasi nilai moral dari novel ini dalam pembelajaran sastra mencakup pengembangan karakter untuk membantu siswa memahami beragam karakter dan latar belakang kehidupan; meningkatkan kesadaran sosial melalui diskusi dan refleksi tentang isu isu sosial; mendorong kreativitas dan ekspresi melalui sastra; serta refleksi diri yang menginspirasi siswa untuk menghadapi tantangan dan memberikan kontribusi positif bagi diri sendiri maupun lingkungan Novel ini dapat menjadi sarana efektif dalam membangun kepribadian siswa melalui pembelajaran sastra yang bermakna < p>
References
Agustina S 2006 Analisis semiotika Roland Barthes novel Hujan karya Tere Liye dan rancangan pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA Yogyakarta: Ombak
Berlin U 2022 Kurikulum Merdeka: Konsep dan implementasi Jakarta: Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Depdikbud 1989 Kamus besar bahasa Indonesia Buku satu Jakarta: Balai Pustaka Utama
Drijarkara 1978 Percikan filsafat Yogyakarta: Kanisius
Duha A 2023 Analisis nilai moral dalam novel Selembar Itu Berarti karya Suryaman Amiprino KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 2
Eris S Al Katuuk U M K Kamagiluisya 2015 Nilai nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Hidupmu Hanya Untuk Kami karya Edelweis Almira serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMP
Huda M 2017 Model model pengajaran dan pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar
Hamid 2015 Kemandirian dalam pendidikan Bandung: Pustaka Setia
Ismiyati 2014 Dampak globalisasi terhadap pendidikan Yogyakarta: Universitas Sains dan Teknologi
Kosasih E 2012 Dasar dasar keterampilan bersastra Bandung: Rama
Kusuma D dkk 2011 Pengantar pendidikan Yogyakarta: UNY Press
Lubis M 1984 Seni menulis novel Jakarta: Pustaka Jaya
Lubis M 2015 Manusia dan kebudayaan Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Lumbanraja T Nurachmana A Cuesdeyeni P 2023 Analisis aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Trauma karya Boy Candra implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA Lestariningtyas: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Sastra Seni dan Budaya Mateandrau 2 1
Mudyahardjo R 2006 Pengantar pendidikan Jakarta: Raja Grafindo Persada
Muchtar A 2004 Keajaiban paradigma Bandung: Pustaka Setia
Mardiyono T 2015 Pendidikan karakter di sekolah Yogyakarta: UNY Press
Meleong 2014 Metodologi penelitian kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya
Martin S 2011 Teaching English as a second language New Jersey: Pearson Education
Nurgiyantoro B 2012 Penilaian pembelajaran bahasa Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nasution 2008 Pengantar pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Franz M S 1987 Etika dasar: Masalah masalah pokok filsafat moral Yogyakarta: Pustaka Filsafat Kanisius
Firman M 2017 Nilai moral dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasrey Basral Jurnal Bahasa dan Sastra 2 2
Pabur H Ismail Ali M I Tatipang D 2023 The Use of Literature in English as a Foreign Language Teaching and Learning Process: The Relationship and Suggested Techniques to be Used in EFL Classrooms Edumaspul: Jurnal Pendidikan 7 2 2660 2670 https: doi org 10 33487 edumaspul v7i2 6159
Poespoprodjo W 1999 Filsafat moral: Kesusilaan dalam teori dan praktik Bandung: Pustaka Grafiti
Poewadarminta 1987 Kamus kata Jakarta: Balai Pustaka
Rosyanti S 2017 Nilai moral dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar Universitas Galuh: FKIP
Robinson 2015 Pengantar psikologi sosial Jakarta: Erlangga
Sardiman 2011 Interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta: Rajawali Press
Suparto 1985 Bahasa dan sastra Indonesia Jakarta: Depdikbud
Sutardjo A S 2013 Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Jakarta: Kencana
Sumardjo J Saini 1986 Pengantar sastra Indonesia: Jenis jenis novel Bandung: Penerbit Angkasa
Sen A 2011 Dare to be: The new frontier of women s empowerment Texas: Greenleaf Book Group Press
Santoso 2015 Pengajaran bahasa dan sastra Jakarta: Balai Pustaka
Thamimi M 2016 Semiotik dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar Jurnal Pendidikan Bahasa 5 1
Tarigan 2018 Pedoman pengajaran bahasa dan sastra Indonesia Bandung: Angkasa
Teddy 2014 Etika sosial dan politik Salatiga: Penerbit Universitas Kristen Satya Wacana
Usman 2013 Metode pengajaran bahasa dan sastra Jakarta: Kencana
Wellek R Werren A 1993 Teori kesusastraan Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wahyuningtyas S Santoso H W 2011 Sastra: Teori dan implementasinya Surakarta: Yuma Pustaka
Widjaja A W 1985 Pedoman pokok pokok dan materi perkuliahan Pancasila di perguruan tinggi Jakarta: Akademika Pressindo