DESAIN KARAKTER KOMIK DIGITAL LIPAN DAN KONIMPIS
VISUALISASI CERITA RAKYAT MINAHASA SELATAN DALAM BENTUK GAMBAR DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i12.10742Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan cerita rakyat Minahasa Selatan, Lipan dan Konimpis, ke dalam bentuk komik digital sebagai upaya melestarikan budaya lokal melalui media modern. Proyek ini mencakup proses pengumpulan data dari narasumber cerita rakyat, pembuatan konsep karakter, dan visualisasi cerita menggunakan ilustrasi digital dengan perangkat lunak seperti Clip Studio Paint. Hasil tugas akhir ini menunjukkan bahwa komik digital memiliki peran penting dalam melestarikan cerita rakyat untuk generasi mendatang. Dengan menyajikan cerita rakyat Minahasa Selatan dalam format komik digital, kisah tersebut tetap relevan dan menarik bagi generasi muda, sehingga dapat memastikan keberlanjutan warisan budaya ini. Namun demikian, pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk lebih menggali dan merepresentasikan kedalaman nilai budaya serta pesan moral yang terkandung dalam cerita, guna memperkuat kontribusi komik digital sebagai media pelestarian budaya.
References
Aggleton, J. (2018). Defining digital comics: A British library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik pendidikan untuk membentuk karakter dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93–106.
Bishop, R., Boo, S., Ruiz Cruz, M., & Gadea, L. (2020). Fundamentals of character design: How to create engaging characters for illustration, animation & visual development. Worcester, United Kingdom: 3dtotal Publishing.
Dutta, A., & Biswas, S. (2019). CNN-based extraction of panels/characters from Bengali comic book page images. Proceedings of the 2019 International Conference on Document Analysis and Recognition Workshops (ICDARW), Sydney, NSW, Australia, 38–43.
Fathoni, A. F. C. A., Renata, P., Syamsuddin, D., & Mahardhika, S. (2021). The application of physiognomy for comic character development in "Menjelajah Negeri Rempah" comic. Humaniora, 12(2), 99–106.
Fathoni, K., Setiowati, Y., & WS, L. P. (2016). Rancang bangun aplikasi komik digital cerita wayang kulit. SCAN Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1), 51–58.
Gunawan, D. D., & Sari, Y. M. (2023). Perancangan komik digital sebagai eksplorasi visual dampak dari tawuran. Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour, 2(2), 42–56.
Gumelar, M. S. (2023). Perancangan komik sebagai media visual pendidikan. Jurnal VCoDe, 2(2), 169–181.
Harder, J. (2023). Creative character design for games and animation. Boca Raton, FL: CRC Press.
Herlambang, S., & Fiyanto, A. (2024). Tahapan produksi komik digital pada karya Dolanalan. Eduarts Jurnal Pendidikan Seni, 13(1), 28–30.
Jedi Airon Kawista, M. (2023). Perancangan karakter monster baik dengan media buku komik cetak digital yang bergenre action fiksi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Lestari, A. F., & Irwansyah, I. (2020). Line webtoon sebagai industri komik digital. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134–148.
McCready, M. (2021). On born digital artwork, new drawing applications, and new opportunities. Visual Resources Association Bulletin, 48(2).
McCloud, S. (1994). Understanding comics: The invisible art. New York, NY: Harper Collins & Kitchen Sink Press.
Mosmarth, R. R. (2022). Ekosistem digital industri komik. In Prosiding Seminar Nasional Pusaran Urban (Vol. 2, No. 1, pp. 65–79).
Nindyana, D. G., & Aryanto, H. (2022). Perancangan komik digital fantasi cerita rakyat nusantara Timun Mas. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 1–14.
Nurgiyantoro, B. (2022). Penokohan dalam cerita fiksi. Jurnal Unsrat, 5(1), 95–96.
Prang, V. S. H. (2017). Taar Era – Legenda Lipan & Konimpis. Sulawesi Utara: Buku Cerita Rakyat Sulawesi Utara.
Pratama, M. D., & Haryana, W. (2023). Penciptaan komik dengan gaya pixel art. Jurnal Demandia, 8(2), 247–266.
Putro, D. (2021). Perkembangan tren membaca komik pada era digital di Indonesia. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 115–126.
Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.