KAJIAN SEMIOTIKA PADA DESAIN POSTER IKLAN FOOD AND BEVERAGE MCDONALD S
Abstract
McDonald s merupakan produk makanan cepat saji fast food< em> yaitu sebuah produk makanan dan minuman yang penyajian secara cepat dan dengan waktu yang singkat McDonald s menyediakan produk makanan dan minuman berupa hamburger kentang goreng ayam goreng soft drink dan aneka menu yang bervariasi yang dipromosikan lewat media promosi berupa membuat poster iklan dengan desain yang menarik dan mengandung semiotika tanda yang memiliki makna Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah tanda yang memiliki makna pada desain poster iklan dari McDonald s Pada penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan observasi analisis visual dan studi pustaka dengan harapan untuk menjawab masalah pada penelitian Data dianalisis dengan mengkaji semiotika prinsip kerja desain unsur desain dan tipografi Hasil penelitian ini menunjuk pada desain poster iklan McDonald s yang mencangkup objek visual poster iklan yang menunjukan sebuah semiotika tanda yang memiliki makna Sehingga pada penelitian ini sangat memberikan kontribusi terhadap teori semiotika yang mempelajari sebuah tanda pada sebuah objek terutama pada desain poster iklan McDonald s dan dapat semakin bermanfaat untuk menarik ketertarikan konsumen terhadap produk makanan dan minuman McDonald s < p>
References
Al Kubro Z 2023 Kajian estetika pada desain media promosi album musik Heng:gar grup musik Seventeen Universitas Negeri Malang
Anggraini L Nathalia K 2014 Desain komunikasi visual: Dasar dasar panduan untuk pemula Nuansa Cendekia
Crow D 2003 Visible sign: An introduction to semiotics in the visual arts p 14 Bloomsbury Publishing
Danesi M 2004 What is semiotics? In Messages signs and meanings: A basic textbook in semiotics and communication theory p 4 Canadian Scholars Press Inc
Hartono D Sugalih A 2019 Makna simbol senyum pada Lay s di televisi Analisis semiotika Charles Sanders Pierce Jurnal PERPEKTIF Komunikasi 3 1 39 40 https: doi org 10 24853 pk 3 1 39 49
Khalil Y K Shah M Ali H Khattak S 2018 Color psychology in marketing Journal of Business and Tourism 4 1 183 190 https: doi org 10 34260 jbt v4i 99
Lupton E 2008 Graphic design the new basics Princeton Architectural Press
Masinambow E K 2001 Semiotik: Mengkaji tanda dalam artifak pp 6 10 Balai Pustaka
Pender K 1998 Digital color in graphic design Focal Press
Puspitarini D S Nuraeni R 2019 Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi Studi deskriptif pada Happy Go Lucky House Jurnal Common 3 1 71 73 https: doi org 10 34010 common v3i1 1950
Rangkuti F 2009 Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication Gramedia Pustaka Utama
Rifa I B 2010 A semiotic analysis on Coca Cola s commercial advertisements Universitas Islam Negeri
Rini A P 2021 Tentang desain grafis In Buku pintar belajar desain grafis p 16 DIVA Press
Rustan S 2009 Mendesain logo Gramedia Pustaka Utama
Schement J R 2002a Encyclopedia of communication and information 1st ed Macmillan Reference USA
Sihombing D 2015 Tipografi dalam desain grafis Gramedia Pustaka Utama
Supriyono R 2010 Desain komunikasi visual: Teori dan aplikasi Penerbit Andi
Uraida S 2014 Semiotic analysis of McDonald s printed advertisement Universitas Brawijaya
Widya L A Darmawan A J 2016 Pengantar desain grafis Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Zoest A v 1993 Semiotika: Tentang tanda cara kerjanya dan apa yang kita lakukan dengannya Yayasan Sumber Agung