KAJIAN SEMIOTIKA PADA DESAIN POSTER IKLAN FOOD AND BEVERAGE MCDONALD’S

Authors

  • Maria Avrilla Magdalena Universitas Negeri Manado
  • Meyer Worang Matey Universitas Negeri Manado
  • Ronlad M. P. Kolibu Universitas Negeri Manado

Abstract

McDonald’s merupakan produk makanan cepat saji (fast food) yaitu sebuah produk makanan dan minuman yang penyajian secara cepat dan dengan waktu yang singkat. McDonald’s menyediakan produk makanan dan minuman berupa hamburger, kentang goreng, ayam goreng, soft drink, dan aneka menu yang bervariasi yang dipromosikan lewat media promosi berupa membuat poster iklan dengan desain yang menarik dan mengandung semiotika (tanda) yang memiliki makna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah tanda yang memiliki makna pada desain poster iklan dari McDonald’s. Pada penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan observasi, analisis visual, dan studi pustaka dengan harapan untuk menjawab masalah pada penelitian. Data dianalisis dengan mengkaji semiotika, prinsip kerja desain, unsur desain, dan tipografi. Hasil penelitian ini menunjuk pada desain poster iklan McDonald’s yang mencangkup objek visual poster iklan yang menunjukan sebuah semiotika (tanda) yang memiliki makna. Sehingga pada penelitian ini sangat memberikan kontribusi terhadap teori semiotika yang mempelajari sebuah tanda pada sebuah objek terutama pada desain poster iklan McDonald’s dan dapat semakin bermanfaat untuk menarik ketertarikan konsumen terhadap produk makanan dan minuman McDonald’s.

References

Al-Kubro, Z. (2023). Kajian estetika pada desain media promosi album musik “Heng:garæ” grup musik Seventeen. Universitas Negeri Malang.

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2014). Desain komunikasi visual: Dasar-dasar panduan untuk pemula. Nuansa Cendekia.

Crow, D. (2003). Visible sign: An introduction to semiotics in the visual arts (p. 14). Bloomsbury Publishing.

Danesi, M. (2004). What is semiotics? In Messages signs, and meanings: A basic textbook in semiotics and communication theory (p. 4). Canadian Scholars' Press Inc.

Hartono, D., & Sugalih, A. (2019). Makna simbol senyum pada Lay’s di televisi (Analisis semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal PERPEKTIF Komunikasi, 3(1), 39–40. https://doi.org/10.24853/pk.3.1.39-49

Khalil, Y. K., Shah, M., Ali, H., & Khattak, S. (2018). Color psychology in marketing. Journal of Business and Tourism, 4(1), 183–190. https://doi.org/10.34260/jbt.v4i.99

Lupton, E. (2008). Graphic design the new basics. Princeton Architectural Press.

Masinambow, E. K. (2001). Semiotik: Mengkaji tanda dalam artifak (pp. 6–10). Balai Pustaka.

Pender, K. (1998). Digital color in graphic design. Focal Press.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi (Studi deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–73. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Gramedia Pustaka Utama.

Rifa’I, B. (2010). A semiotic analysis on Coca-Cola’s commercial advertisements. Universitas Islam Negeri.

Rini, A. P. (2021). Tentang desain grafis. In Buku pintar belajar desain grafis (p. 16). DIVA Press.

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama.

Schement, J. R. (2002a). Encyclopedia of communication and information (1st ed.). Macmillan Reference USA.

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam desain grafis. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, R. (2010). Desain komunikasi visual: Teori dan aplikasi. Penerbit Andi.

Uraida, S. (2014). Semiotic analysis of McDonald’s printed advertisement. Universitas Brawijaya.

Widya, L. A., & Darmawan, A. J. (2016). Pengantar desain grafis. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Zoest, A. v. (1993). Semiotika: Tentang tanda, cara kerjanya dan apa yang kita lakukan dengannya. Yayasan Sumber Agung.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Magdalena, M. A., Matey, M. W., & Kolibu, R. M. P. . (2025). KAJIAN SEMIOTIKA PADA DESAIN POSTER IKLAN FOOD AND BEVERAGE MCDONALD’S. KOMPETENSI, 4(11), 744-754. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/10825